Semangat Patriotik dan Jiwa Nasionalisme NKRI Ala Masyarakat Papua Tengah

admin

JAKARTA, Kitaketik | Dalam upaya meningkatkan Semangat Patriotik dan Jiwa Nasionalisme terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), telah dilaksanakan rangkaian kegiatan Pengibaran Bendera Merah Putih Raksasa berukuran 100×7 Meter, bertempat di Bukit dekat Pos Kodim Persiapan Satgas YPR 330/TD, Kampung Mamba, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Provinsi Papua Tengah, Senin (14/8/2023).

 

Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya menumbuhkembangkan Nasionalisme kepada masyarakat setempat. Masyarakat dan pejabat daerah setempat memberikan penghormatan kepada Sang Saka Merah Putih Raksasa yang dibentangkan di Areal Kodim Persiapan Satgas YPR 330/TD, Distrik Sugapa Intan Jaya.

 

Wilayah Pegunungan Tengah Papua, termasuk di dalamnya Wilayah Sugapa Intan Jaya, selama ini tidak jarang terjadi gangguan keamanan dan aksi teror dari Kelompok Separatis Teroris (KST) Organisasi Papua Merdeka (OPM), namun di saat momen mendekati HUT Kemerdekaan RI Ke-78 Tahun 2023 ini, masyarakat Sugapa beserta Aparat Setempat melaksanakan perayaan dengan mengibarkan Bendera Merah Putih Raksasa sebagai simbul jiwa patriotik dan semangat Nasionalisme terhadap NKRI.

 

Kegiatan tersebut diinisiasi oleh Satgas Yonif 330/TD, yang dipimpin langsung oleh Dansatgas Mayor Inf Dedy Pungky Irawanto, S.I.P., M.I.Pol., dihadiri juga oleh Pj. Bupati Intan Jaya, Gabungan Aparat Keamanan TNI – Polri yang berada di Wilayah Sugapa, unsur Pemerintah Daerah, ASN, Warga masyarakat dan Pelajar yang ada di Kabupaten Intan Jaya.

“Kami Satgas Yonif PR 330/TD yang saat ini bertugas di wilayah Kabupaten Intan Jaya menyelenggarakan kegiatan pembentangan Bendera Merah Putih ini dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI Ke-78 Tahun 2023, berukuran 100 x 7 Meter dan merupakan ukuran terbesar di wilayah Kabupaten Intan Jaya. Kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan rasa nasionalisme terhadap masyarakat Kabupaten Intan Jaya, sehingga mari kita bersama-sama menjaga situasi keamanan di wilayah Kabupaten Intan Jaya ini,” jelas Dansatgas.

 

Apolos Bagau, S.T., selaku Pj. Bupati Kabupaten Intan Jaya menyampaikan rasa bangga dan terima kasih atas upaya Satgas Yonif PR 330 yang telah menyelenggarakan kegiatan deklarasi Merah Putih dengan membentangkan bendera Merah Putih Raksasa.

 

“Kami menyampaikan rasa bangga dan terimakasih atas upaya Satgas Yonif PR 330 yang telah menyelenggarakan kegiatan deklarasi Merah Putih dengan membentangkan Bendera Merah Putih Raksasa ini,” ujar Pj. Bupati.

 

“Mari kita bersama-sama memeriahkan kegiatan untuk memperingati HUT RI Ke-78, Kabupaten Intan Jaya adalah bagian Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), sehingga kami mengajak semua pihak agar menyambut dan meramaikan HUT Kemerdekaan RI Ke-78 tanggal 17 Agustus 2023,” tegasnya.

 

Sementara itu Kapen Kogabwilhan III Kolonel Czi GN. Suriastawa dalam keterangan persnya mengatakan bahwa Pengibaran Bendera Merah Putih Raksasa tersebut sebagai bentuk rasa bangga dan tumbuhnya semangat kebangsaan dari segenap elemen masyarakat yang ada di wilayah Papua Pegunungan khususnya wilayah Sugapa.

 

“Kegiatan ini merupakan bentuk semangat kebangsaan dari masyarakat Papua khususnya di Sugapa yang merasa gembira menjelang HUT Kemerdekaan RI Ke-78, kondisi keamanan sangat kondusif karena TNI-Polri akan senantiasa membantu dan melindungi masayarakat Papua dari segala ancaman dan upaya aksi teror,” pungkas Kapen.

 

Otentifikasi: Penkogabwilhan III

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *