Polres Serang Gelar Simulasi Sispam Kota Jelang Kesiapan Menghadapi Pemilu 2024

admin

Serang Ketik.Com | Polres Serang gelar Simulasi Sispam Kota penanggulangan unjuk rasa anarkis dalam rangka kesiapan menghadapi Pemilu 2024 di lapangan Mapolres Serang, pada Selasa 10 Oktober 2023.

 

Pada rangkaian kegiatan simulasi tersebut Kapolres Serang AKBP Wiwin Setiawan mengatakan pada kegiatan simulasi Sispam Kota dalam rangka kesiapan Polres Serang dalam menghadapi Pemilu Tahun 2024 dilaksanakan dengan baik dan sungguh-sungguh.

 

“Saya mengapresiasi kegiatan simulasi Sispam Kota yang telah dilaksanakan hari ini sesuai apa yang sudah dilatihkan dihari-hari sebelumnya,” ungkapnya kepada Wartawan pada Selasa (10/10/2023).

 

Kapolres Serang juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran yang sudah membantu dan mempersiapkan kegiatan simulasi Sispam Kota tersebut.

 

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Wakapolres Serang, PJU Polres Serang dan Para Kapolsek yang sudah membantu dan mempersiapkan kegiatan serta para Personil yang sudah melaksanakan simulasi Sispam Kota hari ini dengan baik,” ungkapnya.

Selain itu, pada rangkaian kegiatan simulasi Sispamkota Penanggulangan Unjuk Rasa Anarkis dalam rangka kesiapan Polres Serang dalam mengahadapi Pemilu Tahun 2024.

Adapun sesi pertama penanggulangan aksi unjuk rasa anarkis menolak hasil Penghitungan suara Presiden dan Wakil Presiden terpilih Pemilu serentak tahun 2024 di Darkum Polres Serang.

 

kemudian Pengamanan TPS dalam rangka Pemilu serentak 2024, lanjut dilaksanakan Patroli TNI Polri pada Pemilu Tahun 2024, lalu penghitungan Rekap Suara Pemilu 2024 di Saksikan oleh Saksi dari masing-masing Parpol.

 

– Saksi merasa ada kecurangan dalam Penghitungan Rekap Suara Pemilu 2024 dan menganggap di TPS tersebut tidak sah dan meminta untuk diulang.

 

– Penghitungan Rekap suara dilanjutkan tanpa ada saksi dari salah satu pihak Parpol.

 

Lebih lanjut ke Sesi ke 2 (PAM TPS), kemudian Rencana aksi unjuk rasa terkait penghitungan suara Pemilu 2024, Personil Polres Serang disiagakan untuk mengamankan situasi Kamtibmas agar tetap stabil dan kondusif, Satuan Intelkam menerima Laporan akan dilaksanakan aksi unjuk rasa ke Kantor KPU Kab. Serang dari salah satu Paslon terkait hasil Pemilu 2024.

 

Sementara itu, Kapolres Serang memerintahkan untuk menyiapkan Personil pengamanan sesuai dengan Estimasi massa yang akan melaksanakan aksi unjuk rasa ke Kantor KPU Kab. Serang.

 

-Pelaksanaan Apel Persiapan Pengamanan aksi unjuk rasa dari Massa aksi ke Kantor KPU Kabupaten Serang.

 

– Personil Satuan Intelkam Polres Serang melalukan monitoring Pemantauan Aksi unjuk rasa.

 

– Menyiapkan Personil Dalmas Awal berikut Tim Negosiator untuk bergeser ke lokasi aksi.

 

– Massa Pendemo mulai terlihat mendekati lokasi dengan dikawal oleh Unit Patwal Sat. Lantas Polres Serang.

 

– Agar personil yang terlibat pengamanan melakukan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan Fungsinya masing-masing sesuai dengan arahan Padalnya masing-masing.

 

– Sat. Lantas melakukan Pengaturan dan Pengalihan arus lalu lintas dengan memberikan himbauan kepada massa untuk tidak menganggu arus lalu lintas.

 

– Tim Negosiator, Petugas Tali Dalmas, Dalmas Tanpa Alat dan Kendaraan Public Addres melakukan tugas dan peran yang telah ditentukan.

 

– Massa mengikuti arahan Pihak Kepolisian dan langsung melakukan Orasi di depan kantor kpu kabupaten serang,dan pihak kepolisian memberikan himbauan agar aksi dilaksanakan secara tertib.

 

Masa aksi melaksanakan orasi dan ketua kpu menemui pengunjukrasa tapi tidak ditemukan kesepakatan dsn demo langsung memanas,selanjutnya Dalmas lanjut diturunkan dan melaksanakan formasi lapis ganti dengan dalmas awal didepan kantor kpu kabupaten serang ,selanjutnya masa aksi tambah anarkis tapi ahirnya aksi demo dapat diatasi hingga masa aksi membubarkan aksinya. (Bidhumas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *